4W What Wrong With W(b)uruh

12 Mei 2012

(baca:)Wos rong wit yu buruh?

Tidak seperti tahun sebelumnya, Dalam memperingati Mayday Tahun ini sengaja saya gak posting apapun terkait berita atau rencana-rencana mayday beberapa organisasi buruh, biasanya postingan terkait mayday menjadi trending topik dan top search menjelang tanggal 1 mei.

Walaupun tidak membuat postingan, sebagai buruh yang juga sebagai pengamat amatiran saya tetap memantau kegiatan mayday dibeberapa kota melalui media, maupun melihat langsung ke kantong-kantong buruh khususnya di wilayah Bandung Raya.

Beberapa hari setelah peringatan Mayday 2012, dari beberapa pemantauan tsb, saya berani “menyimpulkan” bahwa pada intinya Buruh di Indonesia pada tahun 2012 dibawah pemerintahan SBY sudah ada dalam tatanan kehidupan yang sejahtera, repeh rapih, makmur sentosa, toto tentrem sugih mukti kerto raharjo, gemah ripah lohjinawi, cukup pangan cukup sandang, bru dijuru bro dipanto ngalayah ditengah imah.

Mengapa Bisa Demikian?

Peringatan mayday yang dibeberapa negara di dunia identik dengan aksi keras yang menyuarakan tuntutan-tuntutan tentang kesejahteraan, penolakan diskriminasi, penolakan upah murah, penolakan outsourching, mengecam praktek – praktek kapitalisme dll, ternyata di Indonesia diperingati dengan happing fun, kerja bakti bersihin got, rapat-rapat kecil, pembagian door prize, konser musik, konser dangdutan, nanam pohon trembesi, bagi-bagi sembako dan baksos (makmur bener ya..), donor darah dll.

Ini dia beberapa beritanya:

Buruh Subang
Subang [SuaraJabar.Com] – Tidak akan ada unjuk rasa buruh pada peringatan hari buruh sedunia (May Day) di Subang. Pada 1 Mei besok, para buruh hanya akan memeringati May Day di masing-masing perusahaan tempat mereka bekerja.

Komentar:
Beu?…….

Buruh Bandung
(detikbandung) hingga pukul 10.05 WIB, pengunjuk rasa belum hadir di Gedung Sate. Sedangkan seribuan polisi sudah bersiaga. Pengamanan May Day 2012 ini Polrestabes Bandung mengerahkan 2.400 personel, termasuk bantuan dari Polda Jabar
Sebelumnya diberitakan, dalam menyambut peringatan Hari Buruh Se-Dunia (May Day) yang jatuh pada 1 Mei, sekitar 800 buruh di Kabupaten Bandung bekerja sama dengan Polsek Dayeuhkolot menggelar kegiataan bakti sosial berupa donor darah
“Kegiatan ini sengaja kami gelar untuk memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei besok. Kami juga ingin berkontribusi terhadap masyarakat, karena bakti sosial ini bukan hanya dominasi orang kaya atau para pejabat dan instansi pemerintahan saja,” kata Wakil Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Bandung Ayi Suhanda kepada wartawan (30/4/2012).

Ayi menjelaskan kegiatan ini diikuti oleh 40 perusahaan yang berada Kecamatan Dayeuhkolot dan sekitarnya. Dimana masing-masing perusahaan mengirimkan 20 orang pekerjanya untuk mendonorkan darahnya. Namun demikian antusiasme para pekerja ini ternyata cukup tinggi. Ini terlihat dari membludaknya peserta yang menjadi pendonor.

Selain kegiatan donor darah, sambung Ayi, para buruh yang tergabung dalam SPSI ini juga akan melakukan bakti sosial lainnya, yakni berupa penanaman 5.000 pohon di lahan kritis di sekitar Kecamatan Dayeuhkolot serta pembersihan Sungai Cipalasari dan Citepus.

“Lingkungan juga menjadi bagian dari perhatian kami. Contohnya dengan bersih-bersih sungai, karena jelas dampaknya sangat berpengaruh buat kami. Ketika banjir, otomatis pabrik tidak dapat beroperasi kami pun tidak dapat bekerja,” ungkapnya.[jul]

Komentar mantanburuh:

Huebat bener kang Ayi Suhanda ya! Jiwa Sosialnya tinggi peduli perusahaanya juga tinggi, Halowww… yang jadi pertanyaan: Apakah masih ada darahnya? Apakah porsi makan buruh sudah cukup kadar gizinya? Kasian kan kalo masih kurang gizi/protein? Lemes lo..
Salam sakses aja deh buat kang ayi, uben dan godeg.

Buruh Jakarta
Metrotvnews.com, Jakarta: Sedikitnya 100 ribu pekerja memperingati Hari Buruh Sedunia pada 1 Mei dengan menggelar demonstrasi damai di depan Istana Merdeka dan menghadiri konser musik Slank di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Komentar:
Kalo ada kaka, Males ngomen ah..he he

Buruh Surabaya
Surabaya (ANTARA News) – Peringatan Hari Buruh se-Dunia (May Day) yang digelar di Taman Surya Kota Surabaya hari ini dikemas dengan acara bagi-bagi ribuan hadiah.

Kabag Humas Pemkot Surabaya Nanis Chairani mengatakan ada sekitar 1.250 hadiah diberikan kepada buruh di antaranya dua sepeda motor, satu mesin cuci, dan dua lemari es.

“Semua hadiah tersebut merupakan pemberian dari pihak sponsor yakni para pengusaha,” kata Nanis usai apel peringatan May Day yang digelar pertama kali oleh Pemkot Surabaya di halaman Taman Surya.
Ketua DPC Konfederasi SPSI Surabaya Henky Prayitno mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemkot yang sudah memfasilitasi adanya apel May Day kali ini.

“Semua buruh di Surabaya ikut acara ini. Tidak ada demo anarkis,” katanya.

Menurut dia, ada sekitar 3.000 buruh di Surabaya yang ikut apel May Day. Semua antusias mengikuti acara ini, apalagi ada hadiah untuk para buruh.

Komentar:
Mayday atau Ultah PEMKOT ya?
bagi dong atu hadiah dispensernya!

Buruh Pamekasan
Pamekasan (beritajatim.com) – Hari Buruh Se Dunia (May Day), yang jatuh pada 1 Mei, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya di Kabupaten Pamekasan. Pasalnya, unjuk rasa yang biasanya dilakukan oleh para buruh kini tidak terlihat.
Meski begitu, aparat keamanan tetap siaga dan menyiapkan sedikitnya dua pleton personel. Mereka terdiri dari Samapta, intel, reskrim dan lantas.

Komentar:
Kayaknya taon kemaren heboh mayday-nya ya??

Buruh Jogja
Yogyakarta (detik.com) Ribuan mahasiswa dan buruh di Yogyakarta memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, Selasa (1/5/2012). Dalam aksi itu massa menyanyikan lagu “Iwak Peyek” yang telah dipelesetkan.

Aksi yang dilakukan secara bergelombang itu dipusatkan di kawasan Malioboro, gedung DPRD DIY hingga titik nol kilometer atau di simpang empat Kantor Pos Besar Yogyakarta.

Beberapa elemen yang turun ke jalan di antaranya Federasi Serikat Buruh Independen Indonesia (FSBII) Bantul, Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY), Komite Aksi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi), Forum LSM DIY, Aliansi Rakyat Yogyakarta (ARY), Aliansi Rakyat Menggugat (ARM), Paguyuban Buruh Kemudo, Paguyuban Buruh Gendong, BEM-KM UGM, HMI, Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) dan lain-lain.

Komentar:
Aduk kang mas, tuntutan-nya jadi kelibas, kalah kenceng ama lagu Iwa Peyek-nya?

Buruh Batam
TRIBUNNEWSBATAM, BATAM– Ribuan pekerja di kawasan Kabil Industrial Estate (KIE) Batam mengikuti acara Fun Bike dan Jalan Santai, Kegiatan ini diadakan dalam rangka menyambut hari buruh dunia atau May Day pada 1 Mei, Para pekerja tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga selesai. Apalagi telah disiapkan door prize berupa alat-alat elektronik kebutuhan rumah tangga, sepeda, serta hadiah utama LED TV 32 inch bagi para peserta

Ketua DPC Logam Elektronik Mesin (LEM) SPSI Pantai Timur Batam, Jon Effendi mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk silaturahmi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah.

“Ini kan termasuk kegiatan olahraga bagi pekerja. Selain untuk menyehatkan juga agar May Day ini diperingati dengan cara-cara yang positif. Demi menjaga kondusifitas Batam bersama,” kata Jon.

Komentar:
Betul juga tuh, Silaturahminya sambil salam-salaman? kayak lebaran.

Buruh Sukabumi
SUKABUMI (Pos Kota) – Banyak cara untuk memperingati Hari Buruh Internasional (May Day). Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, misalnya.
Mereka mengisi May Day dengan menggelar pengobatan gratis dan donor darah. Mereka memusatkan aksi sosialnya di Palagan Perjuangan Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Selasa (1/5).
Ketua SPN Cabang Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar mengatakan, kegiatan social yang dilakukannya lebih bermanfaat ketimbang berunjuk rasa. Di samping itu, kegiatan social tersebut mendapatkan apresiasi positif dari semua komponen.

Komentar:
Kasian bener ya? Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Buruh apakah udah terpenuhi?, plafon berobat buruh nya berapa? ah,…aya-aya wae.

Indikator Buruh Sejahtera
Kalo menyimak liputan-liputan tadi, kita bisa gambarkan keadaan buruh di Indonesia saat ini sudah sejahtera, dan itulah Indikatornya.
artinya buruh sudah tidak perlu lagi berkoar-koar nuntut macem-macem terkait kesejahteraan hidupnya. bahkan disaat-saat mayday yang nota bene hari buruh, hari milik buruh sekalipun, saat mayday sama sekali tak ada perjuangan dan upaya yang “menggigit” dan gigih.

Ah.. masa sih?

ataukah barangkali, PEANUT sudah FORGET ama kulitnya?
atau barangkali kalo menurut NU: buruh sudah lupa sama KHITAH-nya?
ah..tapi mudah-mudahan saja emang sudah SEJAHTERA.

Sumber:
ada di tulisan

Iklan

Obrolan Mayday di Pesbuk

12 Mei 2012

Versi Buruh Bandung

Nyimak obrolan tentang mayday versi buruh bandung di pesbuk..seru juga.
ini status Tony Ahmad yang sy share:

Tony Ahmad:
Ceritanya buruh itu pnya keinginan dan cita cita untuk memperjuangkan nasibnya….namun selama ini keinginan itu cuma angan angan belaka.Padahal bnyk kelompok atw orng orng yg berteriak katanya berjuang demi buruh,apa yg salah dari kaum buruh…? MAYDAY aja sudah d sulat jd hiburan dan panen komisi elite elite buruh…masa MAYDAY buruh d ajak bersihin sungai citarum,di ajak muter muter situ patengan….,kyknya cita cita buruh tlah hanyut d sungai citarum,atw jg harapan buruh tlah tenggelam d situ patengan…??? Sungguh IRONIS…TRAGIS…

Komentar-Komentar:

Three Boyz Kids :
hanya sebuah angan dan harapan sj yg kta dapatkan dalam sebuah gerakan ternyata dan ternyata kaum elit politik telah mengecoh kta dalam menenangkan hati buruh kesebuah hiburan atau membershkan jalur citarum dan muter”patenggang.itu hanya peringatan sja MayDay gerakan tetap maju

Tony Ahmad:
taun depan MAYDAY buruh hrs dibawa ke Bank Indonesia…..dgn melihat tumpukan uang hati dan pikiran buruh di harapkan kembali pd ideologinya….

Three Boyz Kids :
urang mah kang saukur objek para nu bga duit….d titah kie ktu oge kdu nurut meureun

Andry Ansyah:
hatur nuhun kana nasehatna ngan ieu patuangan ngerebeuk,k kantin heula coy

Buddy Xatria:
Lawan Lawan…dengan bekerja keras….sugan Caina herang Laukna Luncat….
hahahahahaha….
ngabaso heula Baraya…nu Alit 1000
anu ageung 5000.

Tony Ahmad:
lain kudu ngalawan urng mah….tp posisiken pd porsina,eta pikiran nu salah mun urng kdu ngalawan pengusaha.Jaman nabi geus aya istilah budak belian/ eta teh buruh mun ayena mah….ku nabi di perjuangkeun supaya sistem perbudakan di hapus,supaya buruh boga hak nu pantes hak nu setara.Ieu perjuangan buruh nu hakiki.Urng hyng meureun d perlakukeun secara manusiawi jd garis bawahi cing gede BURUH BUKAN UNTUK MELAWAN PENGUSAHA

Iqbal RD:
hayang senang mah kudu jadi bos .jadi moal nurut kana curuk batur [sabar]

Buddy Xatria:
Anjuran Nabi, 10 pekerjaan diantaranya ada 7 untuk berniaga …dan 3 diantaranya dibawah Curuk Batur…
sudahkah yang 7 itu kita Laksanakan …atw lang sung yang 3 itu.
dengan cara Koneksi lagi…
hahahahahahaha
haduh lada …sambelna Sageulas.

Iqbal RD:
Udangn 2 menang jelema matak moal baleg, Jangan Menyerah
Jangan Menyerah kawan, tidak
ada alasan untuk menyerah.

Yusuf Nugraha:
tina naminaoge urang parantos tiasa nyimpulkeun yen jengan buruh teh hanteu layak,diskriminatip jeug ironis . saha nu bisa ngarobah eta ngaran buruh teh ? ceuk kami iwal pribadi2na ,pek robah eta imej atawa ngaran buruh teh ku naekna prilaku ,ka mampuhan ,kaweruh tur pangabisa robaah pamahaman tunjukeun yen nu boga modal butuh ayanajeng kamampuhan urang lain urang nu nyogrog2maneh dina politik bisnis aya ngaran kieu urang butuh nu nawar murah batur nu butuh di beuli kalayan harga mahal. tah kesan buruhteh ibarat nu butuh jadi pasisi leugena pasti di handap (leugeun di luhur leuwih hade dibaning leungeun dihanap jadi argumenna nudi beremah kumaha numere,jasa urangmah salaku pagawe di angap euweuh da ditinggalina kabutuh urangna lain jasana rek pengusaha tawa pamarentah nganggap buruh kaum atawa golongan marjinal.tapi ,te sadaya pamarentah atawa pangusaha ninggali buruh jiga eta ,yu urang rubah eta imejteh babarengan jang kamajuan jeung hargadiri pribadiatasnama buruh tawa pagawe da kabeh oge sa masih di dunya kenehmah pagawe pdah beda cabak

Three Boyz Kids :
sok urang tata tutur jeng robah sagla anu bisa buruh jdi berharga d mata pengusa kdu kumaha tah ameh gawe hade duit gede urang kapake

Tony Ahmad:
koncina hiji….ulah ngarasa hina jd buruh,sabab buruh oge boga harkat jng martabat di hadapan ALLOH AZZA WAJALA mah,tah tiayena kapayun hayu urng ronjatken kwalitas urng masing2 ulah belet wae,ulah cebew wae,ulah pehul wae,ulah boke wae,ulah heureui wae,ulah beger wae,ulah kedul wae,ulah molor wae,jng wae wae nu sejena

Parishakufa Alfansyah:
kmh Ceuk Bang Haji…. ada baik-ada jg yg jahat, ada siang-ada malam, ada kaya-ada miskin, ada pengusaha-ada buruh
“smua dah diatur tinggal kite mo pilih yang mana…”
Dipilih…dipilih….dipilih
Smua saling berkaitan,berhubungan erat untuk menggerakkan roda

Tony Ahmad:
Apa makna dari sebuah kata MAYDAY….?
Bukankah dgn istilah itu terciptanya garis pemisah antara tuan dan budak,si miskin dan sikaya..???

Notes:
Logo Fb hanya milik facebook
Kekuasaan hanya milik Alloh SWT


(Not) HOPE 2012

29 Desember 2011

HARAPAN TAHUN 2012

Tahun 2011,
Seperti tahun-tahun sebelumnya,
Kami harus berjuang sendiri,
Mempertahankan hak, melawan penderitaan dan ketidakadilan.

Tahun 2011,
Presiden, DPR, Gubernur, Bupati, Walikota,
Menaker, bahkan Disnaker, tidak mengenal kata “buruh” dalam kesehariannya.
Mereka hanya mengenal istilah “pengusaha”.

Tahun 2011,
Barangkali inilah penyebabnya,
Kepada mereka,
Buruh hanya memberikan upeti berupa seonggok amanah dan kepercayaan, sedangkan
Pengusaha memberikan fee, komisi, gratifikasi, travel cheque, dan share.

Tahun 2012,
Seperti tahun kemarin, kami takan berikan upeti apapun,
Seperti tahun kemarin, investor dan pemilik modal antri menunggu lobby,

Tahun 2012,
Menurut para peramal,
(dementia syndrome)… adalah penyakit yg bakal nge-trend di Indonesia
Jadi sepertinya,…………Lupa…….. lagi

Tahun 2012,
Kami harus berjuang sendiri,…lagi.
Melupakan cita-cita tentang upah layak… lagi,
Merasakan siksaan majikan …. Lagi,
Dan…. Tak punya harapan ….lagi.

“Selamat Tahun Baru 2012”


Intermezzo: Mau Nyoba Introspeksi ala Kakek Buyut?

29 November 2011

MELIHAT “PENAMPAKAN” PADA WAJAH SENDIRI

Ilustrasi: wajah artis Holywood

Mari rehat sejenak untuk urusan pekerjaan kali ini.
Memperingati tahun baru identik dengan hura-hura, pesta kembang api serta beraneka ragam kemeriahan, namun pernahkah kita berpikir untuk melakukan sesuatu yang lain selain hura-hura setiap kita memperingati tahun baru?, tahun baru masehi, tahun baru islam, tahun baru cina dll cobalah diperingati dengan melakukan introspeksi dan evalusi.

Dalam agama saya (Islam) introspeksi dan evaluasi ini dikenal dengan Muhassabah, bagaimana cara dan upaya melakukan Muhassabah, tentu para ustadz, guru agama, para kyai-lah yang bisa menjawabnya, saya tidak bisa menjelaskannya.

Dalam memperingati tahun baru islam, serta menjelang tahun baru masehi, saya ingin sedikit memberikan ilmu yang didapat dari kakek buyut saya terkait bagaimana cara melihat siapa diri kita sebenarnya dengan cara yang sangat mudah, tanpa mantra-mantra, tanpa sesajen atau melakukan ritual tertentu, cara ini dapat dilakukan siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Ilmu ini sangat bermanfaat untuk meng-introspeksi diri serta melihat “wajah asli” kita.

Ilmu ini bisa dipakai untuk:
• Melihat Aura diri sendiri,
• Melihat sifat kebinatangan yang selalu muncul dalam diri.
“Menilai sejauhmana amal ibadah kita kepada Sang Pencipta”, (Tentu hanya Tuhan YME yang Maha Menilai).
• Mengetahui apakah wajah kita “ditakuti” atau “disukai” oleh bayi (mata bayi biasanya lebih jeli melihat “sesuatu”).

Lalu, bagaimana caranya?

1. Niatkan dalam hati bahwa saya ingin sekali melihat wajah asli saya!
2. Cari tempat yang sepi (agar bisa konsentrasi) bisa dikamar, mushola rumah, dll, yang penting ditempat itu ada cerminnya (minimal cermin yang bisa memuat wajah dan bahu).
3. Berdiri-lah didepan cermin kurang lebih 1 – 2 meter (bisa juga duduk atau bersila).
4. Tarik nafas dalam-dalam kurang lebih 3 kali hembusan (agar bisa rileks).
5. Tataplah dengan konsentrasi dan fokuskan pada mata anda yang ada dicermin, dan usahakan jangan berkedip.
6. Dengan terus focus dan konsentrasi, lalu perhatikan perubahan raut wajah, lama kelamaan wajah akan berubah dan menampakan “wajah asli” kita.
7. Perhatikan juga warna putih atau warna lain yang muncul yang mengelilingi bagian luar kepala dan bahu kita, itulah yang disebut warna aura.
8. Terus focus sampai wajah asli muncul secara utuh.

Nah, bagaimana hasilnya?

Biasanya sih kalo, kita bisa fokus dan konsen, akan dengan cepat kelihatan!, jangan merasa takut, karena itu wajah kita sendiri koq!
Kalo menurut kakek buyut saya, jika yang muncul adalah wajah yang dibalut warna hitam atau warna gelap serta tampak wajah-wajah “aneh” lain, maka kata kakek buyut untuk membersihkannya segeralah perbanyak istighfar serta ibadah, sering-seringlah bersedekah, berbuat baik terhadap sesama, serta buang sifat buruk sangka, hasud dan dengki, sebaliknya jika yang muncul adalah wajah yang berseri-seri tampan/cantik dibalut cahaya putih, maka teruslah pertahankan berbagai kebaikan dan amal sholeh yang dibuat.
Warna yang muncul disekeliling kepala dan bahu (kalo menurut jaman sekarang disebut “aura”) juga menunjukan sifat dan tabiat atau kepribadian kita.

Silahkan dicoba dan selamat ber-introspeksi!

Jangan percaya semua yang saya tulis ini, barangkali ini hanya mitos karena kebenaran dan ilmu hanya milik Sang Pencipta Alloh SWT.

Ilustrasi gambar : artis holywood (gak tau namanya?)


SKB Menteri Untuk Aliran Ahmadiyah dan Aliran Buruh

15 Maret 2011

Membahas lagi tentang SKB Menteri tentang Ahmadiyah, mengingatkan kaum buruh pada SKB Menteri yang berkenaan dengan upah buruh.
Keberpihakan pemerintah kepada kaum pengusaha dan pemilik modal rupanya sudah terlanjur didengungkan, aturan main penetapan upah pun diatur juga dengan SKB (Surat Keputusan Bersama) Menteri.
Lalu apa kerjanya dewan pengupahan yang notabene telah mengakomodasi semua pihak yang terlibat dalam penetapan upah? BPS, Disperindag, Perguruan tinggi, Pengusaha, Para Pakar dan lainnya.
Merujuk pada SKB tersebut, Jika penentuan upah di-Bipartitkan lagi, artinya pemerintah lepas tangan, walaupun ditentukan batas atas atau batas bawah, tetapi apakah pengusaha mau menetapkan upah diantara ambang itu, justru jika sebuah keputusan bisa dibipartitkan maka UU atau aturan takkan ada pengaruhnya. Unsur kepentingan pengusaha akan lebih dominan, intervensi dan penekanan menjadi senjata acuan.
Kecuali jika wakil buruh yang duduk di forum bipartit adalah seorang malaikat, omongan dan instruksinya didengar oleh buruh, tahu seluk beluk perusahaan, punya data segudang, punya kemampuan cas-cis-cus ngomong, pandai berargumentasi layaknya direktur SDM, dll. Rasanya kriteria ini takkan pernah ada diantara buruh Indonesia bahkan diseantero jagat, kalaupun ada, perusahaan akan habis habisan menolak dia duduk di lembaga bipartit. .
Lalu apa artinya SKB Menteri buat kita? Artinya kini kita hanya bisa menunggu “belas kasihan” pengusaha, tinggal diukur sejauhmana rasa “belaskasihan” itu, adilkah?
Meredam AHMADIYAH diperlukan SKB Menteri, maka menindas BURUH pun diperlukan SKB Menteri (walaupun dalam konteks dan Menteri yang berbeda).
Pergub (Peraturan Gubernur), Perbup/Perwalkot (Peraturan Bupati/Walikota) terkait gerakan Ahmadiyah pun kini marak diterbitkan, akankah Pergub, Perbup, Perwalkot tentang pengebirian Upah buruh marak juga dikeluarkan?
Lalu apa bedanya BURUH dan AHMADIYAH?
Gakkkkkk…gakkkkk…. T.A.I memang negeri yang lucu!
TAI (Tanah Air Indonesia).

Download :
1. SKB Menteri Untuk ‘Aliran’ Buruh
2. SKB Menteri Untuk ‘Aliran’ Buruh (Perubahan)
3. SKB Menteri Untuk Aliran Ahmadiyah


Lagi, Tertawa Ala Buruh

13 Maret 2011

Kisah buruh pabrik sapu ijuk

Perempuan lugu, Markonah, umur 13 tahun, bekerja di pabrik sapu ijuk. Setelah dua tahun bekerja, dia ingin berhenti dari pekerjaannya. Ternyata si Bos tidak setuju karena anak itu manis, lugu, pintar, jujur dan rajin.

Bos : Sudahlah jangan keluar dulu, memang kenapa sih? Gaji kecil atau ada yang jahat sama kamu?
Markonah : Ngga ada apa-apa Pak, tapi saya pengen berhenti aja!
Bos : Kalo ngga ada apa-apa ya tetap kerja di sini aja, ntar gaji kamu saya naikin!
Markonah : Ngga Pak, ga usah, terimakasih…
Bos : Lha, trus kenapa ingin keluar kerja? Kasih alasan yang jelas dong!

Karena si Bos memaksa alasan, akhirnya Markonah nekat, dan membuka celana dalamnya sambil ngomong
Markonah : Pak, gara-gara kerja disini aku jadi punya ini (sambil menunjuk “rambut” bawahnya). Sebelum kerja saya ga punya ini Pak! Ini kan seperti bulu sapu ijuk yang dibuat setiap hari dan nempel disini tuh!

Si Bos tertawa terbahak-bahak karena lucunya alasan yang dilontarkan Markonah dan Bos pun memberitahu :
Bos : Lihat nih!, punya saya juga ada bulu-nya, jadi bukan karena sapu ijuk itu… Kamu ini ada-ada saja.

Markonah kemudian melihat ”kepunyaan” si Bos, ia pun semakin takut
Markonah : Wah aku ga mau nunggu sampai Minggu depan Pak, aku keluar sekarang saja! Ga mau seperti Bapak yang kelamaan disini. Jadi yang tumbuh bukan hanya bulu ijuk saja, tapi sampai keluar gagang sapunya…!!!
Markonah langsung kabur

Sumber : http://www.jempol.biz/showthread.php/396-Kisah-buruh-pabrik-sapu-ijuk?s=b921e0bcd9f9ec86d3a0000d2e769bdd

**************************

Gaji Buruh Indonesia

Ada dua orang pekerja yang sedang berdialog. Satu orangEropa dan satunya lagi orang Indonesia.
Orang Indonesia bertanya pada orang Eropa, berapa gajimu dan untuk apa saja uang sejumlah itu?
Orang Eropa menjawab, “Gaji saya 3.000 Euro, 1.000 euro untuk tempat tinggal, 1.000 Euro untuk makan, 500 Euro untuk hiburan.”
Lalu sisa 500 Euro untuk apa? tanya orang Indonesia.
Orang Eropa menjawab secara ketus!, “Oh … itu urusan saya, Anda tidak berhak bertanya!”
Kemudian orang Eropa berbalik bertanya. Kalau anda bagaimana?
“Gaji saya 950 ribu, 450 ribu untuk sewa kontrakan, 350 ribu untuk makan, 250 ribu untuk transport, 200 ribu untuk sekolah anak, 200 ribu untuk bayar cicilan pinjaman, … 100 ribu untuk….”.
Penjelasan orang Indonesia terhenti karena orang Eropa menyetop penjelasan itu dan langsung bertanya.
“Uang itu jumlahnya sudah melampui gaji anda. Sisanya dari mana?” kata orang Eropa itu keheranan.
Kemudian, orang Indonesia itu menjawab dengan enteng,” begini Mister, tentang uang yang kurang, itu urusan saya, anda tidak berhak bertanya-tanya,”

**********************

Banyak Mangkir

Nampak seorang Buruh pingsan didepan sebuah Pabrik. Ternyata Buruh itu adalah salah seorang pekerja yang pernah bekerja di Perusahaan tersebut. Usut punya usut ternyata buruh ini adalah type buruh yang suka mangkir, hampir tiap bulan ada aja absensinya, dengan harapan biar di PHK agar dapet pesangon, namun anehnya pihak Perusahaan gak mau memPHK-PHK juga. Loh lalu kenapa dia sampe pingsan pas didepan Pabriknya.Ternyata setelah 4 hari dia mangkir kerja, pas dia dateng ke Pabriknya didepan Pabriknya tertulis:

‚’’ PABRIK INI TELAH DITUTUP DAN PESANGON TELAH DIBAYARKAN KESELURUH KARYAWAN KECUALI KEPADA KARYAWAN YANG SAAT PENUTUPAN PABRIK , MANGKIR LEBIH DARI 3 HARI TANPA ADA KETERANGAN ‚’’

http://kuhibur.blogspot.com/2009/10/gaji-buruh-indonesia.html

***********************

Surat Dari TKI

Istriku Tercinta

Maafkan kanda sayang, bulan ini Kanda tidak bisa mengirim uang untuk kebutuhan keluarga di rumah.
Kanda hanya bisa mengirimmu 1000 ciuman.

Paling cinta,
Kanda Paijo

Seminggu kemudian Paijo mendapat surat balasan dari istri tercintanya:

Kanda Paijo tersayang,

Terima kasih atas kiriman 1000 ciumanmu.
Untuk bulan ini Dinda akan menyampaikan laporan
pengeluaran keluarga :

Tukang minyak bersedia menerima 2 ciuman setiap kali
membeli 5 liter minyak tanah.

Tukang listrik mau dibayar dengan 4 ciuman
per tanggal 10 setiap bulannya.

Pemilik kontrakan rumah mau dibayar cicil dengan
3 x ciuman setiap harinya.

Engko pemilik toko bahan makanan tidak mau dibayar pakai ciuman. Ia maunya dibayar dengan
yang lain.. Ya terpaksa Dinda berikan saja.

Hal yang sama juga Dinda berikan buat kepala sekolah
dan gurunya si Udin yang sudah 3 bulan nunggak uang sekolah..

Besok Dinda mau ke pegadaian untuk tukerin 200 ciuman dengan uang tunai, karena yang orang pegadaian sudah bersedia menukarkan
200 ciuman + lainnya dengan uang 650ribu, lumayan buat ongkos sebulan.

Keperluan pribadi Dinda bulan ini mencapai 50 ciuman.

Kanda tersayang.
bulan ini Dinda merasa jadi orangyang paling kaya di kampung, karena sekarang Dinda memberikan piutang ciuman ke banyak pemuda
di kampung kita dan siap ditukar kapan pun Dinda butuhkan.

Kanda, dari kanda masih tersisa 125 ciuman,
apakah kanda punya ide? Atau saya tabung saja ya?

Paling sayang,
dari Dinda seorang.

http://www.acehforum.or.id/showthread.php/13339-humor-buruh?s=f961ca9c0a17244b169e344cffb4b445

Lihat Juga:
Tertawa ala Buruh Sebelumnya


Kebaikan Versus Keburukan SBY di Google

1 Maret 2011

Penasaran dengan hebohnya “kebaikan SBY” di mbahnya mesin pencari Google.
Saya pun ikut latah nyoba iseng-iseng ikutan nge-search dengan kata “kebaikan SBY” tgl 01/03/2011 jam 23.00 malam, ternyata hasilnya seperti yg tampak pada screenshot dibawah.
Seperti kebanyakan isu santer yang lainnya, suggest/saran mbah Google yang berbunyi ; ‘mungkin maksud anda adalah; keburukan SBY’ pun akhirnya muncul menjadi topic yang ramai diperbincangan baik di situs jejaring social maupun situs lainnya.
Banyak tokoh-tokoh politik yang angkat bicara baik yang berasal dari kubu SBY maupun yang berasal dari kubu lawan politiknya.
Tokoh-tokoh dari lawan politik banyak yang girang tertawa, seraya berkata “tuh kan teknologi canggih yang diterapkan google aja gak mampu mendeteksi ‘kebaikan SBY’ !” , sementara tokoh-tokoh dari kubu SBY yang “kebakaran jenggot” sibuk kesana kemari mencari sang aktor intelektual, mendeteksi para pelaku, mencari ‘wedhus ireng’ , dan berkomentar bahwa telah terjadi utak-atik data pada situs google tsb, Ada orang sentimen, dll-dll.
Sederhana saja memaknai fenomena ini, cobalah tanya dan introspeksi masing-masing adakah ”kebaikan SBY” yang dirasakan selama ini?, ada atau itu kan hal yang sangat relatif.
Sebagai orang awam yang kurang begitu faham teknologi, dan sebagai rakyat kebanyakan, kita sih sekedar mengingatkan bahwa kejadian ini harusnya memacu “SBY dan Jajarannya” untuk ber-introspeksi, serta lebih banyak “berbuat baik”.
Dengan CATATAN “kebaikan” tersebut haruslah benar-benar nyata dan dirasakan, bukan rekayasa atau manipulasi.
Dengan “kebaikan” yang nyata, rakyat secara sukarela beramai-ramai memposting “kebaikan” tersebut pada blog-nya, atau pada situs-situsnya, dengan demikian si mbah google tidak akan memberikan suggest yang lain-lain.
Setelah heboh kasus boikot-memboikot media yang kini berujung pada acara gugat-menggugat, Sebaiknya kasus ini tidak usah dibesar-besarkan lah, ambil hikmahnya saja, tidak perlu juga menggugat Google demi mengembalikan citra, toh citra positip akan terbentuk dengan sendirinya melalui karya nyata.
“jangan menggaruk borok dengan tangan yang borok, nanti makin parah”.

'kebaikan SBY'


%d blogger menyukai ini: