Situs Disnakertrans Prop. Jawa Barat

Jumlah angkatan kerja di Jawa Barat saat ini mencapai 18,89 juta jiwa, dari total penduduk sekitar 43,1 juta jiwa. Dengan jumlah angkatan kerja yang sekian banyak, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Jawa Barat mempunyai tugas berat untuk melakukan upaya pembinaan dan pengawasan ketenagakerjaan yang meliputi pembinaan dan pengawasan terhadap tenaga kerja maupun pembinaan dan pengawasan terhadap pemberi kerja
Pembinaan dan pengawasan ketenagakerjaan bisa dilakukan salahsatu caranya adalah dengan menyebarkan informasi ketenagakerjaan melalui berbagai media massa baik cetak maupun elektronik.

Saat ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Jawa Barat telah memiliki situs resmi sebagai media penyebar informasi kepada publik. Situs ini dibuat mungkin dengan tujuan untuk memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada public khususnya di Jawa Barat tentang berbagai hal yang berkaitan dengan tugas dan wewenang serta berbagai informasi yang dibidangi instansi tersebut (ketenagakerjaan dan trasmigrasi).
Namun sayang sekali, sepertinya situs Disnakertrans prov. Jawa Barat ini rupanya hanya dijadikan “pelengkap” sebuah instansi pemerintah. Entah kenapa Situs resmi tersebut sejak penulis kunjungi beberapa bulan yang lalu hingga saat ini (sampai tulisan ini dimuat) tampilan dan isinya itu-itu saja, apakah tidak ada SDM yang kompeten untuk mengelola situs di Instansi tersebut, ataukah tidak ada anggaran untuk itu?
Posting terakhir yang bisa dilihat disitus tersebut adalah posting tanggal 2 Nopember 2009 dengan judul “Wagub Dede, Kampanyekan Batik dengan Bersepeda” serta sebuah postingan dengan tanggal yang sama berjudul “Pegawai Diskominfo Jalani Tes Urine Deteksi Narkoba”,
Sebagai warga buruh di Jawa Barat, sungguh sangat menyesalkan melihat situs instansi pemerintah seperti itu, iri melihat situs Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi propinsi lain yang dikelola dengan baik serta dapat menyuguhkan berbagai informasi yang menarik dan uptodate.
Lihat saja situs milik Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Jawa Tengah dan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi, dan Kependudukan Propinsi Jawa Timur yang dikelola cukup menarik dan uptodate.

Tak hanya skala nasional, buruhpun berhak mendapatkan informasi pada skala regional ataupun propinsi dan kabupaten. informasi pada skala regional ini penting mengingat masing-masing daerah memiliki kebijakan otonomi.
Ditengah gencarnya impementasi UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, masyarakat yang haus informasi tentu mendambakan informasi-informasi yang uptodate, valid, dapat dipertanggungjawabkan, cepat serta murah. Institusi public (dalam hal ini Dinasnakertrans) menurut undang-undang tersebut mempunyai kewajiban untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada public sesuai dengan kewenangan yang dibidanginya (ketenagakerjaan dan transmigrasi).
Informasi mengenai ketenagakerjaan ini meliputi peraturan perundangan, kebijakan-kebijakan perburuhan, informasi tentang hak dan kewajiban, informasi tentang serikat pekerja, berita-berita seputar ketenagakerjaan, kasus-kasus ketenagakerjaan, agenda-agenda ketenagakerjaan, seminar/pendidikan/pelatihan pengembangan profesi, program-program perlindungan buruh, serta informasi-informasi lain yang menyangkut ketenagakerjaan.
Mudah-mudahan saja, dalam beberapa hari kedepan Situs web resmi Disnakertrans Jawa Barat tsb dapat dikelola kembali dengan baik, sehingga dapat dijadikan rujukan para tenaga kerja dalam hal mencari informasi ketenagakerjaan di Jawa Barat.
Sayang kan, kalo dimakan rayap? Dulu pasti dibuat dengan Budget yang mahal lho!

3 Balasan ke Situs Disnakertrans Prop. Jawa Barat

  1. Salam Tuan,

    Saya adalah seorang pengusaha yang mencari peluang dalam berbagai bidang khususnya ‘Fancais’. Kota yang menjadi fokus pengembangan adalah Jakarta ke Bandung. Penduduk yang banyak dan peluang bisnis yang dibutuhkan masih menjadi tanda tanya. Namun pada naluri hati, saya bertindak dengan ideologi agar memberi keterampilan dalam berbagai bidang melibatkan ‘Francais’ di malaysia.

    Saya juga adalah Ketua Koperasi Gabungan Pemuda Kuala Lumpur Berhad, Malaysia dan anggota-anggota kami dalam ‘GABUNGAN’ kebanyakan adalah pengusaha muda. setelah perlantiikan saya tahun ini, maka saya mulai satu program dikenali ‘Jasa Pelatihan’. Program ini sangat sulit dan memerlukan kapasitas yang banyak. pada Bantuan beberapa Asosiasi dan Koperasi di Indonesia, saya telah memilih satu Asosiasi di Bandung dan satu Koperasi di Jakarta.

    Kini saya lihat untuk melengkapi program ini saya telah menemukan pejabat di Kedutaan Indonesia di Malaysia. Syukur saya telah diberi keyakinan dan akan selalu mendukung demi rakyat Indonesia.

    Melalui program ini saya dapat memilih kategori penganggur, mahasiswa / mahasiswi, single mother untuk menghadiri pelatihan periode kontrak setahun (1) dan mereka wajib sambung kontrak selama lima (5) tahun setelah tamat ‘program’ Jasa Pelatihan ‘di Malaysia dan bekerja di bawah perusahaan Indonesia terus dan kekal.

    Pemilihan pelatih juga harus teliti dan mungkin kami membutuhkan bantuan pihak tuan menceburi. Selain itu pihak saya Koperasi Gabungan setuju menawarkan dan menerima pelatih dalam perusahaan mereka dan akan membayar imbalan bulanan, kelengkapan fasilitas, sesuai Persyaratan – Persyaratan koperasi gabungan.

    Apakah bantuan yang dapat terima untuk menjayakan program ‘Jasa Pelatihan’ ini.

    email saya: mdshroji@yahoo.com
    +6012324 7540

  2. I do not ven know how I ended up here, but I thought this postt was great.

    I don’t know who you are but certainly you’re going to a famous blogger if yoou aren’t already😉 Cheers!

  3. […] PDF File Name: Situs disnakertrans prop. jawa barat | buruh indonesia Source: mantanburuh.wordpress.com » DOWNLOAD « […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: