Cabe Rawit Copet Inflasi

Tidak salah jika ada peribahasa yang mengatakan “kecil-kecil cabe rawit”, biarpun kecil, cabe rawit bisa bikin muka orang yang memakanya merah membara. Rasa pedas dan panas dimulut tidak mudah hilang dalam waktu sekejap, walaupun minum bergelas-gelas air atau dinetralisir dengan makanan lain.
Dipenghujung tahun 2010, “pedasnya” cabe rawit/cabe merah bukan hanya menjadi urusan para ibu rumah tangga, namun cabe rawit juga telah menjadi urusan negara dan membuat merah muka tim ekonomi SBY.
Bagaimana tidak, target inflasi tahun 2010 sebesar 5.3% bablas menjadi 6,96% salah satu penyebabnya adalah gara-gara cabe rawit/cabe merah. Sebagaimana yang diungkapkan Kepala BPS Rusman Heriawan. BPS mencatat inflasi pada Desember sebesar 0,92 persen. “Inflasi Desember di luar dugaan kita dan cukup tinggi,” ujarnya. Ia menjelaskan bahwa selain harga beras dan harga minyak goreng, selama desember tersebut cabe rawit/cabe merah telah berhasil penyumbang inflasi sebesar 0,33 persen
Selain Kepala BPS, Menkeu Agus Martowardoyo juga mengakui bahwa realisasi inflasi tidak sesuai harapan atau target tahun 2010 sebesar 5,3 persen, kalau Kepala BPS mampu menyebutkan terang terangan bahwa cabe rawit dan cabe merah telah menyumbang inflasi signifikan, maka Menkeu hanya menyebut “faktor ‘food” (pangan)
“Faktor `food` (pangan) memberikan pengaruh cukup besar sehingga mendorong inflasi di 2010 lebih tinggi dari target,” begitu kata Menkeu.

Nah lo, kalo dampak harga cabe rawit cabe merah saja tidak mampu diatasi dan dikendalikan oleh tim ekonomi SBY, bagaimana dengan dampak cabe gayus, cabe century, cabe sisiminbakum, dan cabe-cabe yang lainnya?

Jaka sembung bawa cabe, kalo gak nyambung ga ape-ape.

Rujukan : http://ekonomi.tvone.co.id/ dan Yahoo! Indonesia News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: