Prediksi Suara Buruh Pada Pilbup Kab.Bandung 2010

Sulit sekali rasanya untuk memprediksi kearah mana kelompok buruh akan menentukan pilihan politiknya dalam Pilbup Kab.Bandung 2010 mendatang. Kesulitan ini juga barangkali terjadi dikota-kota lain saat pilbup. Kesulitan untuk memprediksi tersebut disebabkan karena kelompok buruh di Kab.Bandung terpecah kedalam beberapa organisasi serikat pekerja yang masing-masing mempunyai cara dan kiblat berbeda dalam perjuangan politiknya.
Tidak ada jaminan walaupun ada serikat pekerja yang notabene ‘underbow’ partai tertentu, bisa seiring sejalan dengan kebijakan partai. Apalagi banyak diantara serikat pekerja tersebut menyatakan independent.
SPSI dan SPN, dua organisasi serikat pekerja di Kab.Bandung yang dianggap paling besar, suaranya diprediksi akan terpecah, mengingat kedua organisasi buruh tersebut sudah lama sedang mengalami krisisi internal, mengalami krisis kepercayaan, terjadi konflik dan terpecah kedalam beberapa kelompok.
Perpecahan di tubuh organisasi buruh tersebut telah menyebabkan kesulitan bagi beberapa tim sukses kandidat bupati. Sadar bahwa suara buruh juga bisa menentukan berhasil atau tidaknya kandidat bupati, maka saat ini pendekatan terhadap kelompok buruh lebih diintensifkan secara personal (lewat belakang) terhadap ‘tokoh-tokoh’ atau ‘motor-motor’ penggerak buruh.
Saat ini banyak anggota serikat pekerja yang kecewa dan tidak loyal kepada serikat pekerjanya. Hal ini disebabkan karena serikat pekerja di Kab.Bandung dianggap telah lalai menjalankan kewajibannya untuk membela dan memperjuangkan nasibnya, baik dalam memperjuangkan upah minimum ataupun dalam hal melakukan pembelaan terhadap kasus-kasus yang menimpa buruh yang banyak muncul belakangan ini. Ketua dan pengurus serikat pekerja lebih cenderung membela kepentingan pengusaha dan kepentingan dirinya sendiri baik untuk memperkaya diri atau meningkatkan citra diri. Akibatnya dalam pilbup kali ini, buruh di Kab.Bandung lebih cenderung menentukan pilihan politiknya sendiri berdasarkan pemahamannya, tanpa terpengaruh arahan atau kebijakan ketua serikat pekerja.
Buruh Kab.Bandung lambat laun mulai ‘melek politik’. Media massa baik cetak maupun elektronik serta pengalaman di masa lalu telah sedikit banyak membuka wawasan politik buruh.
Walaupun dengan wawasan dan semangat yang terbatas, pilihan politik buruh Kab.Bandung dalam pilbup mendatang sepertinya sebagian besar akan dijatuhkan kepada kandidat yang dianggap ‘fresh’ atau kandidat yang ‘berpengalaman’ serta concern terhadap nasib buruh.
Setidaknya ada 2 pasangan kandidat yang dianggap paling menonjol dan bersaing meraih suara buruh, 2 kandidat pasangan tersebut getol melakukan upaya pendekatan. Kedua pasangan kandidat bupati tersebut yakni pasangan ‘Ridho Budiman Utama – Dadang Rusdiana’ dan pasangan ‘Yadi Srimulyadi – Rusna Kosasih’.
Pasangan ‘Ridho-Darus’, dianggap buruh sebagai pasangan ‘fresh’ , bersih dari kontaminasi. Pasangan ini dianggap bisa membawa angin perubahan terhadap nasib buruh. Pemilih pasangan ini berasal dari kelompok buruh yang rasional dan terbuka.
Pasangan ‘Yadi-Rusna’, dianggap oleh buruh sebagai pasangan yang penuh pengalaman. Kantong-kantong buruh seperti di Majalaya adalah basis masa pasangan ini. Pemilih pasangan ini cenderung berasal dari kelompok buruh yang ‘fragmatis’ dan ‘radikal’ dan yang fanatik terhadap partainya yakni PDI Perjuangan
Mudah-mudahan saja Pilbup Kab.Bandung kali ini dapat menghasilkan pasangan bupati dan wakil bupati yang membawa kesejahteraan bagi buruh, jujur dan amanah, mampu melaksanakan tugas sebaik-baiknya, mampu menciptakan lapangan kerja baru, serta menjadikan warga kab.Bandung pada umumnya hidup aman damai dan sejahtera, mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.
Tulisan ini bukan berarti menyepelekan kandidat lain, atau menggiring opini untuk memilih pasangan tertentu. Oleh karena itu silahkan saja untuk memilih pasangan kandidat bupati sesuai pilihan sendiri. Namun dengan catatan tetap harus berprinsip bahwa yang dipilih adalah yang terbaik bagi buruh.
Solidaritas buruh tetap harus dijaga dan diutamakan demi kepentingan kaum buruh dimasa depan.

2 Balasan ke Prediksi Suara Buruh Pada Pilbup Kab.Bandung 2010

  1. dani rahman mengatakan:

    nice review brad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: