Pemerintahan SBY Jilid II Mengabaikan Kaum Buruh, Tani dan Nelayan

Potret ketidakpedulian pemerintah pada rakyatnya sudah kelihatan jelas, ada jurang yang dalam antara rakyat dan presidennya, SBY dan kelompoknya begitu percaya diri.
Berlindung dibalik popularitas dan dukungan mayoritas pada pemilu yang lalu. Menjadikan presiden sepertinya angkuh dan bebas berbuat apa saja, tidak peduli bisikan, omongan, bahkan teriakan dan ratapan tangis sebagian besar rakyatnya.
Setidaknya itulah yang kita saksikan dan riil dirasakan saat ini.
Buruh, tani dan nelayan serta masyarakat pengangguran adalah warga mayoritas di negara ini, tapi entah kenapa presidenku begitu jauh dan hilang kepedulian kepada kelompok ini. Apakah ini post power syndrome seperti kebanyakan pejabat negara pada masa jabatan yang ke-2 atau ada faktor lain?
Setidaknya itulah yang kita alami sebagai buruh, petani atau nelayan.

Inilah beberapa realita:

1. DPR memastikan akan ada kenaikan gaji pejabat pemerintahan yang akan direalisasikan mulai awal Maret 2010, dengan kenaikan antara 10-20 persen, dengan total anggaran Rp 158 triliun.
2. PARA menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB II) serta pejabat tinggi negara, mendapat fasilitas mobil dinas baru, Toyota Crown Royal Saloon G. Kendaraan baru itu satu kelas lebih tinggi dari mobil sebelumnya, Toyota Camry. Anggaran pengadaan mobil yang berkapasitas mesin 3.000 cc tersebut memang ”hanya” Rp 600 juta. Namun jika dengan pajak, harganya mencapai Rp1,2 – 1,3 miliar.
3. Pembangunan pagar Istana dengan anggaran yang telah disetujui oleh Badan Anggaran DPR . Total biaya untuk merenovasi pagar istana tersebut mencapai Rp 22,581 miliar. Dana sebanyak itu mencakup penyediaan dana untuk keperluan renovasi pagar halaman dan pemasangan alat sekuriti di lingkungan Istana Kepresidenan dan Wakil Presiden.
4.Pemerintah berencana membeli pesawat kepresidenan, artinya Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono akan memiliki pesawat khusus kepresidenan jenis Boeing 737-800. Uang muka untuk pembelian pesawat sebesar Rp 200 miliar telah disetujui DPR sejak bulan November 2009. Perkiraan harga pesawat VVIP Boeing 737-800 sekitar Rp. 400 – 700 Miliar.
5. Dengan dalih menyelamatkan perbankan Indonesia, pemerintah telah melakukan pemberian billout Bank Century senilai 6,7 trilyun.

6. ….. dst.

Bandingkan dengan realita ini:

1. Angka kematian buruh migran Indonesia sepanjang 100 hari kinerja KIB II (20 Oktober hingga 27 Januari 2010) yang mencapai 171 orang.
2. UMK tahun 2010 tiap kota di Indonesia, selalu dibawah nilai KHL
3. Walaupun terjadi kenaikan nilai UMK, rata-rata 5%, namun dalam saat yang sama pemerintah memfasilitasi dan dengan mudah mengabulkan permohonan penangguhan upah 2010 terhadap ratusan perusahaan (lebih dari 69 persh di Jabar, 32 persh di Jateng, 20 di Jatim……… Dst), itu baru yang tercatat atau mengajukan permohonan di instansi terkait, bisa dipastikan pada kenyataannya lebih dari ribuan perusahaan yang melakukan upaya penangguhan upah.
4. Disektor pertanian, harga beras saat ini melonjak drastis, namun kenaikan harga beras ini tidak dinikmati oleh petani, cukong besar dan para distributor, serta penjual-lah yang menikmatinya, ditambah lagi bahwa pemerintah hanya sanggup mempertahankan harga pupuk sampai bulan maret 2010 artinya mulai april harga pupuk akan naik dan naiknya direncanakan pemerintah sebesar 80%.
5. Para nelayan juga mengalami nasib serupa. Disaat cuaca tak mendukung untuk melaut, saat ini kebijakan ACFTA juga telah berhasil memasukan produk hasil laut cina ke negara kita dengan harga 10 hingga 20 % lebih rendah dari harga jual nelayan kita, artinya sudah beresiko untuk melaut, dijualpun harganya kalah saingan.
6. Outsourcing (perbudakan gaya baru) yang menjadi ketakutan para buruh dan tenaga kerja lainnya, bukannya dikurangi, makin hari malah semakin dibiarkan begitu saja oleh pemerintah. Pekerjaan pokok yang seharusnya dilarang untuk di-outsourcing-kan saat ini malah tidak dipermasalahkan.
7. ……. dst.

5 Balasan ke Pemerintahan SBY Jilid II Mengabaikan Kaum Buruh, Tani dan Nelayan

  1. romailprincipe mengatakan:

    Prabowo for 2014..

  2. si embah mengatakan:

    ni memang pemerintahan yang gagal sepanjang masa…sama sekali ta ada kemajuan dari berabagai aspe

  3. mantanburuh mengatakan:

    Trims dah berkunjung!
    Ayo.. Siap!

  4. Antoniyus Cahyalana mengatakan:

    Salam pembebasan
    BURUH BERSATULAH!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: