K.H. Abdurrahman Wahid “Gus Dur” dan Buruh

Tanggal 30 Desember 2009 adalah hari yang sungguh menyedihkan buatku dan barangkali buat jutaan orang di Indonesia. Hari berkabung seluruh warga bangsa. Sang tokoh panutan banyak orang K.H.Abdurrahman Wahid atau yang akrab kita panggil Gus Dur berpulang ke pangkuan Sang Pencipta, meninggal dunia dalam usia 69 tahun.
Teramat banyak jasa beliau yang telah kita rasakan, dikala tidak ada seorangpun yang berani melawan sebuah tirani kekuasaan sebuah rezim, ia hadir paling depan dan lantang menyuarakan ketidakadilan, disaat sekelompok orang tertindas kehilangan harapan hidup, ia dengan gagah mendekap dan melindunginya walaupun dengan berjuta teror yang ia terima.
Dijaman orde baru, tak ada satu organisasi buruh-pun yang berhasil muncul dan berkembang, kecuali satu organisasi buruh yang diakui pemerintah , namun saat beliau jadi presiden, setiap pekerja mendapat perlindungan atas kebebasan berorganisasi dan berserikat. Sungguh sebuah lompatan besar bagi dunia buruh saat itu.
Selain undang-undang kebebasan berserikat, beliau juga adalah pelindung bagi buruh buruh yang tertindas.
Rasanya sepanjang sejarah kepresidenan Indonesia, tidak ada seorang presiden-pun yang berani melindungi kebebasan dan kepedulian kepada buruh seperti itu, buruh yang notabene adalah warga negara Indonesia, lebih diutamakan kepentingannya ketimbang kaum pengusaha dan investor yang kebanyakan adalah warga asing. Gus Dur lebih bangga menjunjung tinggi harkat dan martabat warga bangsanya sendiri, dibanding kepentingan kaum pemilik modal.
Kepergian Gus Dur meskipun menyedihkan, tak boleh kita ratapi, jadikanlah cambuk bagi kita menatap jauh kedepan, bahwa sosok beliau patut untuk ditiru dan perjuangannya perlu untuk dilanjutkan, apalagi cita-cita beliau yakni menjadikan negeri ini mandiri tanpa ketergantungan asing belum kesampaian juga.
Atas jasanya kepada buruh, dengan bangga saya menyatakan bahwa Gus Dur atau KH.Abdurahman Wahid adalah Bapak Buruh Indonesia.

2 Balasan ke K.H. Abdurrahman Wahid “Gus Dur” dan Buruh

  1. drummerfan mengatakan:

    Beliau merupakan tokoh idola saya sejak kecil

  2. mantanburuh mengatakan:

    Trim udah berkunjung dan meninggalkan koment!
    Semoga beliau mendapat tempat yang mulia di-sisi Nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s