Apa Arti Kenaikan Upah Tiap Awal Tahun

Sebelum tanggal 20 Nopember 2008, Udin yang seorang pekerja pabrik tekstil di Bandung Selatan sudah mendapat kabar bahwa upah yang akan diterimanya di awal tahu 2009 naik sekitar 100 ribu, weh… ia begitu girang, karena setidaknya ia akan mendapat uang lebih dari yang ia terima sebelumnya.
“Kalo entar gaji kenaikan itu kuterima akan aku tabungkan, buat nanti bekal anakku” begitu kira-kira kata hati Udin saat itu.
Tetapi, apa yang terjadi saat ia menerima gaji baru 2009? Boro-boro ia bisa menyisihkan gajinya untuk menabung, untuk menutupi kebutuhan pokok rutin sehari-hari pun tak terpenuhi semuanya, pasalnya jauh hari sebelum gaji baru ia terima, harga kebutuhan pokok sudah merangkak naik, kontrakan rumah naik, harga buku dan kebutuhan sekolah nya juga ikut naik, yang kenaikannya justru tak sebanding dengan jumlah kenaikan gaji yang ia terima.
Seharusnya Semangat Baru!
Ya.. idealnya kenaikan upah tiap tahun baru adalah naiknya taraf hidup, dari yang kurang jadi pas-pasan, dari yang pas-pasan menjadi pas, dari yang kebutuhan pokoknya belum terpenuhi menjadi terpenuhi dan seterusnya. Ini artinya jika minimal kebutuhan pokoknya terpenuhi , buruh akan tenang dan konsen dalam bekerja, penuh semangat dan lain-lain, karena toh ia tidak menerawang dan memutar otak lagi kemana ia mencari gaji tambahan untuk menutupi ketidakcukupan itu.
Di tahun ini seharusnya buruh sejahtera, sebab ditahun kemarin ratusan wakil rakyat dan kepala daerah telah berjanji dalam arena pesta demokrasi bahkan menteri tenaga kerjanya pun sudah diganti dengan yang baru. Ditahun ini seharusnya semangat baru itu muncul sebab segala mafia akan diberantas, mungkin saja mafia dalam sektor perburuhan pun akan segera diberantas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: