Manager atau Pemimpin?

oleh Ust. Dodi Rahmat
Salah satu hal yang membedakan antara seorang pemimpin (leader) dengan seorang manager ialah sikapnya saat menerima tanggungjawab. Seorang pemimpin cenderung berani mengambil resiko dan tanggungjawab melebihi batas formal yang diembannya dalam struktur organisasi atau lingkungannya, sedangkan manager cenderung mempertanggungjawabkan sebatas formal yang dimilikinya.
Bila terjadi kesalahan atau kegagalan, seorang pemimpin takkan sungkan mengambil tanggungjawab sekalipun penyebab ada pada anak buahnya, bukan dirinya. Hal berbeda yang dilakukan seorang manager, bila melakukan kesalahan atau kegagalan, ia akan menuntut pertanggungjawaban anak buahnya. Mengambil tanggungjawab bukan berarti membiarkan kesalahan yang terjadi, atau melindungi yang salah. Pemimpin yang mengambil tanggungjawab berarti ia bertanggungjawab atas kesalahan atau kegagalan yang terjadi, bertanggungjawab untuk memperbaikinya, sekaligus memperbaiki anak buah atau bagian yang menyebakan terjadinya kesalahan.
Mengambil tanggungjawab, justru akan semakin meningkatkan kemampuan dan kualitas kepemimpinan seseorang, ia bisa mengambil pelajaran dan hikmah yang melimpah untuk upaya perbaikan dirinya. Oleh karena itu orang yang mudah melemparkan tanggungjawab kesalahan atau kegagalan pada anak buahnya ia tidak akan memperoleh apa-apa untuk perbaikan dirinya. Jika itu dilakukan maka sekurang-kurangnya ia memperoleh kerugian sbb:
• Melemahnya Kompetensi
Seorang pemimpin yang sigap ialah pemimpin yang bisa mengambil pelajaran dari kesalahan, jika menutup diri dan mudah melemparkan tanggungjawab, maka ia kompetensinya akan menurun.
• Melemahnya kredibilitas
Kredibilitas adalah dasar dari leadership, ia tidak akan dipercaya oleh anak buahnya manakala mudah sekali melemparkan tanggungjawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: