7 Hal Bagi Buruh

aktifis buruh“ Sesungguhnya aku benci jika melihat seseorang diantara kalian hanya berpangku tangan, tanpa amal! Baik amal dunia maupun akhirat ” (Sayyidina Umar bin Khaththab ra)

Dari kalimat diatas, Jasiem M. Badr Al-Muthawi memberikan 7 petunjuk kepada kita agar terhindar dari apa-apa yang dibenci oleh Umar ra yaitu:

Bergerak-lah!:, Ini adalah cara awal untuk memanfaatkan waktu, jangan menunggu bola tetapi ambillah bola!

Bergaul-lah!: Karena kita adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan, maka bergaul dan berinteraksilah baik pergaulan bathin maupun lahir.
“Sesungguhnya aib terkecil yang menimpa seseorang adalah apabila ia hanya diam saja di rumah” Thabaqot Ibnu Saad

Bantu-lah!: Manakala nilai hidup hanya untuk diri kita, maka kita akan rasakan bahwa kehidupan itu kecil dan singkat, maka perluaslah kehidupan dengan membantu sesama!

BerIbadah-lah!: Sebagai mahluk tuhan, maka logis dan ideal jika kita harus memperbanyak ibadah, baik itu wajib maupun sunnah.

Baca-lah!: Intinya adalah perintah untuk menuntut ilmu sebelum beramal.

Berdiskusi dan Bertamasya-lah!
“Bertukar pikir (diskusi) selama satu jam lebih baik dari mengulangnya selama sebulan” Al Kannani “ Tadzkiratus sami’ wal mutaklim
Tamasya bermanfaat untuk menghilangkan kejenuhan.

Berolahraga-lah! Berolah raga dengan niatan ibadah tentu akan bernilai lebih, sebagaimana hadits HR.Mutafak Alaih “ Sesungguhnya tubuh mempunyai hak atas kamu”.

Bagi kita yang masih bersemangat dalam menjalankan dan aktif menjadi anggota sebuah organisasi sosial semisal Serikat Pekerja, bergembiralah karena dari 7 petunjuk diatas, bisa kita jalankan salah satunya dengan aktif berorganisasi, Serikat Pekerja adalah salah satu yang mengakomodasi semua petunjuk itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: