Lagi, Tertawa Ala Buruh

13 Maret 2011

Kisah buruh pabrik sapu ijuk

Perempuan lugu, Markonah, umur 13 tahun, bekerja di pabrik sapu ijuk. Setelah dua tahun bekerja, dia ingin berhenti dari pekerjaannya. Ternyata si Bos tidak setuju karena anak itu manis, lugu, pintar, jujur dan rajin.

Bos : Sudahlah jangan keluar dulu, memang kenapa sih? Gaji kecil atau ada yang jahat sama kamu?
Markonah : Ngga ada apa-apa Pak, tapi saya pengen berhenti aja!
Bos : Kalo ngga ada apa-apa ya tetap kerja di sini aja, ntar gaji kamu saya naikin!
Markonah : Ngga Pak, ga usah, terimakasih…
Bos : Lha, trus kenapa ingin keluar kerja? Kasih alasan yang jelas dong!

Karena si Bos memaksa alasan, akhirnya Markonah nekat, dan membuka celana dalamnya sambil ngomong
Markonah : Pak, gara-gara kerja disini aku jadi punya ini (sambil menunjuk “rambut” bawahnya). Sebelum kerja saya ga punya ini Pak! Ini kan seperti bulu sapu ijuk yang dibuat setiap hari dan nempel disini tuh!

Si Bos tertawa terbahak-bahak karena lucunya alasan yang dilontarkan Markonah dan Bos pun memberitahu :
Bos : Lihat nih!, punya saya juga ada bulu-nya, jadi bukan karena sapu ijuk itu… Kamu ini ada-ada saja.

Markonah kemudian melihat ”kepunyaan” si Bos, ia pun semakin takut
Markonah : Wah aku ga mau nunggu sampai Minggu depan Pak, aku keluar sekarang saja! Ga mau seperti Bapak yang kelamaan disini. Jadi yang tumbuh bukan hanya bulu ijuk saja, tapi sampai keluar gagang sapunya…!!!
Markonah langsung kabur

Sumber : http://www.jempol.biz/showthread.php/396-Kisah-buruh-pabrik-sapu-ijuk?s=b921e0bcd9f9ec86d3a0000d2e769bdd

**************************

Gaji Buruh Indonesia

Ada dua orang pekerja yang sedang berdialog. Satu orangEropa dan satunya lagi orang Indonesia.
Orang Indonesia bertanya pada orang Eropa, berapa gajimu dan untuk apa saja uang sejumlah itu?
Orang Eropa menjawab, “Gaji saya 3.000 Euro, 1.000 euro untuk tempat tinggal, 1.000 Euro untuk makan, 500 Euro untuk hiburan.”
Lalu sisa 500 Euro untuk apa? tanya orang Indonesia.
Orang Eropa menjawab secara ketus!, “Oh … itu urusan saya, Anda tidak berhak bertanya!”
Kemudian orang Eropa berbalik bertanya. Kalau anda bagaimana?
“Gaji saya 950 ribu, 450 ribu untuk sewa kontrakan, 350 ribu untuk makan, 250 ribu untuk transport, 200 ribu untuk sekolah anak, 200 ribu untuk bayar cicilan pinjaman, … 100 ribu untuk….”.
Penjelasan orang Indonesia terhenti karena orang Eropa menyetop penjelasan itu dan langsung bertanya.
“Uang itu jumlahnya sudah melampui gaji anda. Sisanya dari mana?” kata orang Eropa itu keheranan.
Kemudian, orang Indonesia itu menjawab dengan enteng,” begini Mister, tentang uang yang kurang, itu urusan saya, anda tidak berhak bertanya-tanya,”

**********************

Banyak Mangkir

Nampak seorang Buruh pingsan didepan sebuah Pabrik. Ternyata Buruh itu adalah salah seorang pekerja yang pernah bekerja di Perusahaan tersebut. Usut punya usut ternyata buruh ini adalah type buruh yang suka mangkir, hampir tiap bulan ada aja absensinya, dengan harapan biar di PHK agar dapet pesangon, namun anehnya pihak Perusahaan gak mau memPHK-PHK juga. Loh lalu kenapa dia sampe pingsan pas didepan Pabriknya.Ternyata setelah 4 hari dia mangkir kerja, pas dia dateng ke Pabriknya didepan Pabriknya tertulis:

‚’’ PABRIK INI TELAH DITUTUP DAN PESANGON TELAH DIBAYARKAN KESELURUH KARYAWAN KECUALI KEPADA KARYAWAN YANG SAAT PENUTUPAN PABRIK , MANGKIR LEBIH DARI 3 HARI TANPA ADA KETERANGAN ‚’’

http://kuhibur.blogspot.com/2009/10/gaji-buruh-indonesia.html

***********************

Surat Dari TKI

Istriku Tercinta

Maafkan kanda sayang, bulan ini Kanda tidak bisa mengirim uang untuk kebutuhan keluarga di rumah.
Kanda hanya bisa mengirimmu 1000 ciuman.

Paling cinta,
Kanda Paijo

Seminggu kemudian Paijo mendapat surat balasan dari istri tercintanya:

Kanda Paijo tersayang,

Terima kasih atas kiriman 1000 ciumanmu.
Untuk bulan ini Dinda akan menyampaikan laporan
pengeluaran keluarga :

Tukang minyak bersedia menerima 2 ciuman setiap kali
membeli 5 liter minyak tanah.

Tukang listrik mau dibayar dengan 4 ciuman
per tanggal 10 setiap bulannya.

Pemilik kontrakan rumah mau dibayar cicil dengan
3 x ciuman setiap harinya.

Engko pemilik toko bahan makanan tidak mau dibayar pakai ciuman. Ia maunya dibayar dengan
yang lain.. Ya terpaksa Dinda berikan saja.

Hal yang sama juga Dinda berikan buat kepala sekolah
dan gurunya si Udin yang sudah 3 bulan nunggak uang sekolah..

Besok Dinda mau ke pegadaian untuk tukerin 200 ciuman dengan uang tunai, karena yang orang pegadaian sudah bersedia menukarkan
200 ciuman + lainnya dengan uang 650ribu, lumayan buat ongkos sebulan.

Keperluan pribadi Dinda bulan ini mencapai 50 ciuman.

Kanda tersayang.
bulan ini Dinda merasa jadi orangyang paling kaya di kampung, karena sekarang Dinda memberikan piutang ciuman ke banyak pemuda
di kampung kita dan siap ditukar kapan pun Dinda butuhkan.

Kanda, dari kanda masih tersisa 125 ciuman,
apakah kanda punya ide? Atau saya tabung saja ya?

Paling sayang,
dari Dinda seorang.

http://www.acehforum.or.id/showthread.php/13339-humor-buruh?s=f961ca9c0a17244b169e344cffb4b445

Lihat Juga:
Tertawa ala Buruh Sebelumnya


%d bloggers like this: