Upah Minimum Kabupaten UMK Jawa Barat Tahun 2012

Gambar Ilustrasi_Aksi Buruh Tolak Upah Murah

Berikut adalah daftar UMK (Upah Minimum Kab/Kota) Tahun 2012 beberapa kota di Jawa Barat.
Dari 26 UMK Kab/Kota yang ditetapkan, 13 UMK Kab/Kota dinyatakan telah mencapai atau melebihi nilai KHL yang ditetapkan, UMK beberapa Kab/Kota itu yakni UMK Kota Bandung (100%), UMK Kota Cimahi (101,24%), UMK Kab. Bandung (103,44%), UMK Kab. Bandung Barat (100,40%), UMK Kota Tasikmalaya (100,57%), UMK Kab, Bekasi (110%), UMK Kota Bekasi Rp (105,25%), UMK Kab.Bogor Rp (100%), UMK Kab. Sukabumi (100,81), UMK Kota Sukabumi (102,33%)., UMK Kab. Cianjur (100,04%), UMK Kab. Cirebon (100%), dan UMK Kab. Indramayu (100%).

Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kota dan Kabupaten di Jawa Barat ini didasarkan pada Surat Keputusan Gubernur No. 561/Kep.1540-Bangsos/2011 tentang Upah Minimum Kab./Kota di Jabar tahun 2012, yang kemudian direvisi dengan Surat Keputusan Gubernur No. 561/Kep.1558-Bangsos/2011.

Berikut adalah daftar UMK 2012 Jawa Barat selengkapnya:

• Kota Bandung Rp 1.271.625,-
• Kota Cimahi Rp. 1.224.442,-
• Kab. Bandung Rp 1.223.800
• Kab. Bandung Barat Rp 1.236.991
• Kota Tasikmalaya Rp 950.000,
• Kab. Bekasi Rp 1.491.866,
• Kota Bekasi Rp 1.422.252,
• Kab.Bogor Rp 1.269.320,
• Kab. Sukabumi Rp 885.000,
• Kota Sukabumi Rp. 890.000,
• Kab. Cianjur Rp 876.500,
• Kab. Cirebon Rp 956.650,
• Kab. Indramayu Rp 994.864.
• Kota Depok Rp 1.424.797 (98% KHL),
• Kota Banjar Rp 780.000 (86,25% KHL),
• Kab. Sumedang Rp 1.007.500 (81,3% KHL),
• Kab. Garut Rp 880.000 (92,04% KHL),
• Kab. Ciamis Rp 793.750 (86,90% KHL),
• Kab. Subang Rp 862.500 (78,88% KHL),
• Kab. Purwakarta Rp 1.047.500 (84,17% KHL),
• Kab. Karawang Rp 1.269.227 (91,50% KHL),
• Kota Bogor Rp 1.174.200 (99,20% KHL),
• Kab. Majalengka Rp 800.000 (88,59% KHL),
• Kota Cirebon Rp 980.000 (99,95% KHL),
• Kab. Tasikmalaya Rp 946.000 (96,55% KHL) dan
• Kab. Kuningan Rp 805.000 (93,70% KHL).

UMK Jawa Barat Tertinggi/Terendah
Kabupaten Bekasi memiliki upah tertinggi dengan nilai Rp 1.491.866 dan terendah Kota Banjar dengan Rp 780.000.

Source Berita : Klik-Galamedia
Source Gambar : d’photograph

About these ads

83 Balasan ke Upah Minimum Kabupaten UMK Jawa Barat Tahun 2012

  1. dodosamia0871@gmail.com mengatakan:

    buruh boleh aja demo, meminta juga boleh… tp jangan merusak sistem yang sudah mapan. jangan perusahaan yang sudah jalan dirongrong… jangan perusahaan yang sedang sulit dirongrong… terus, ya ayat2 Al-Quran disalah gunakan. faktanya banyak koq yang gak sholat kalo lagi demo… dari saya dodo bukan pembela perusahaan dan juga bukan pembela buruh… saya lebih suka membela kebenaran berdasarkan fakta bukan hanya cuap-cuap seperti pepesan kosong

    • Buruh Ripuh mengatakan:

      sia buruh lain…lamun lain buruh tong loba bacot…coba ngarasaan hirup jeung gaji UMK..eta UMK teh jangeun standar anu can kawin alias bujangan..

    • gesburi mengatakan:

      buruh menuntut berdasarkan hasil survey nyata kebutuhan sehari-hari,kami tidak asal asalan menuntut khl yang selama ini tak memihak buruh.tidak usah banyak ngomang klo gak tau prosedurnya bung daripada anda jd musuh parah buruh bs bonyok…

    • mantanburuh mengatakan:

      Siiip…
      Hidup Mas Dodo, sang pembela kebenaran!

    • john mengatakan:

      Terima kasih mas Dodo atas komentarnya, tetapi benar apa yang dikatakan teman-2 buruh. Mereka punya anak istri yang harus dihidupi. Kalo pendapat saya, kita harus seimbang, Buruh & Pengusaha adalah rekanan, ibarat 2 kaki yang saling kerjasama untuk maju. Pengusaha menengah bawah sekarang juga kesulitan, jadi yang harus di demo seharusnya para KORUPTOR, coba kalo nggak ada koruptor, biaya siluman bisa dihilangkan, jalan-2 bagus, biaya-2 bisa ditekan nah…. gaji buruh janganlah yang ditekan, begitu teman-2.
      Kapan demo melawan KORUPTOR ??

      Salam BURUH !!

      • fakta mengatakan:

        Asal tau aja, UMK itu rata2 untuk perusahaan adalah untuk para buruh yang baru masuk, untuk yang sudah lama dan memiliki potensi, dengan otomatis perusahaan juga akan menaikan take home pay nya. Jadi akan sangat absurd untuk para buruh yang katanya sudah beranak istri (kita berasumsi bahwa sudah bekerja lama), take home paynya masih sebesar UMK. Tanya kenapa???

        Lagian, berdasarkan orang yang ikut mensurvey, KHL itu kita pakai dengan batasan tertinggi harga di lapangan (pada kenyataan, kalo orang belanja pasti tawar menawar). Dan juga komponen dari KHL itu sudah termasuk uang tabungan sebesar 10% !!!

        Maka dari itu, apabila ada yang berbicara UMK tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup dasar, maka mungkin saja orang itu ditakdirkan untuk jadi buruh rendahan selama hidupnya !!!!

    • sang penakluk wanita mengatakan:

      assuuuu asssuuu

  2. dodosamia0871@gmail.com mengatakan:

    hidup buruh

  3. dodosamia0871@gmail.com mengatakan:

    hidup juga perusahaan dan hidup keluarga kita dan hiduplah bangsa kita…

  4. dodosamia0871@gmail.com mengatakan:

    mau gaji besar, jangan jadi buruh… buruh bukan kebanggaan… buruh tidak butuh perjuangan… yang butuh perjuangan adalah belajar dan kerja keras… kalau anda belajar giat dan kerja keras.. anda pasti jadi orang berhasil tanpa memegang status buruh… tidak ada orang tua yang punya cita2 anaknya jadi buruh… jadi untuk apa dipertahankan….

    • Buruh Ripuh mengatakan:

      Sia moal bisa hirup lamun euweuh buruh…nga di Indonesia wungkul buruh sangsara..da Nagarana euweuh jangeun perlindungan buruh…memamna sia presiden atawa menteri…

    • gesburi mengatakan:

      makanya kami menuntut khl sesuai kebutuhan hidup itu agar bs menyekolahkan anak sampai jenjang lebih tinggi tidak yang selama ini upah yang di berikan tak sesuai dengan kebutuhan sehari-hari .klo indonesia pengen maju berikan upah layak biar bs menyekolahkan anak sampai perguruan tinggi

    • BuruH Ripuh mengatakan:

      Jadi Buruh bukan lah sebuah pilihan tapi memang kenyataan tapi anda jangan menghina buruh Dodol..apakah anda pengusaha ato PNS ..PNS juga buruh ..buruhnya negara yang menghisap keringat buruh. sepanjang anda masih ada yang mengggaji sepajang anda masih ada yang memerintah sia teh buruh Dodo koplok..anda pengusaha Dodo kok email anda masih pake yang gratis gmail.com berarti sia oge Buruh Dodo Koplok…

    • risma mengatakan:

      woy kalo mikir pake otak dong,,,,,,emang bener semua orang tua g mau ada anknya jadi buruh,,,,,tapi inget buruh juga punya anak yang dimana mereka butuh biaya supaya anaknya g jadi seperti mereka,,,,,,,lo juga pake produk2 buatan tangan buruh kan,,,,,,jangan sok kaya n berpendidikan dech,,,kalo wawasan lo masih cetek tentang buruh,,,,,

    • PY33RWT mengatakan:

      ahhh jancok koen,,, tak bacok sampean.

  5. mantanburuh mengatakan:

    Terima kasih pencerahannya, buat Mas Dodo di Bekasi…
    Sipp mas dah mengingatkan, jangan lupa Sholat, wahai para demonstran!!
    Salam..

  6. masmondol mengatakan:

    itu yang nuntut umk kab. Bekasi jadi 2,7 juta bener nggak pak?

  7. Komenk'z... mengatakan:

    Kenapa UMK Kab.Sukabumi cuma Rp.885.000,?padahal sukabumi termasuk kawasan industri terbesar di jawabarat!kenapa tidak di samakan dengan Bekasi?dengan gaji segitu,apa cukup untuk biaya hidup?sandang pangan juga naiknya ampir 50%.kapan kita akan makmur?mahu korupsi,kami bukan pejabat.
    Makasih.

  8. Ranteo mengatakan:

    Assalamualaikum mas Dodo, gak usah bawa nama Al,Quran n gak usah ngomong sholat, taugak buruh demo juga bs dinamakan jihat, tau gak kau lo jihat tu apa…? Aq jg seorang buruh lo emang pingin kebenaran bantu seorang buruh yg setiap bulan kekurangan makan, banyak buruh di luarsana yg gaji bulanan gak cukup, pikir dgn gaji segitu orng yg sudah keluarga cukup gak… Wassalam

    • widhi mengatakan:

      Jihat naon kang asal ngajeplak aja, ketika perang aja rasul masih sholat……emang utamaan mana demo yang ngrusak…ngrusak sama jihat bareng rosul?!?!?!? masalah cukup ngga cukup tergantung pola hidup, banyak buruh yang sok-sokan baru bisa jalan aja pengennya lari…….jadi orang biasa waelah….dasarkoplak

  9. Ranteo mengatakan:

    Klu ngomong pakai otak dodo, jgn asal jeplak,,,!!!

  10. 0n2k mengatakan:

    Mudah”an yg survey KHL itu bnr” sesuai dengan harga sandang dan pangan di tiap Kab/Kota, dan kedepannya bisa diperhitungkan dengan kebutuhan hidup berkeluarga, terutama utk biaya menyekolahkan anak.
    Siapapun jg tidak ada yg mau jadi buruh, tapi klo itu yg kita bisa dan halal, g ada salahnya dan g perlu malu drpd hrs jd pengemis ataupun jd maling.
    Tapi sebagai buruh jg kita g bisa serta merta memaksakan harus selalu naik, karena imbasnya balik ke kita jg. Kalau standar gaji dburuh di Indonesia tinggi, bnyk investor yg mengurungkan niatnya utk menanamkan modalnya di negara kita, pendapatan negara akan berkurang dan jelasnya kita jg akan jd pengangguran.
    Di asia tenggara bnyk jg yang tenaga buruhnya murah contoh spt vietnam dan kamboja jd, pemerintah jg selalu berupaya untuk mendatangkan bnyk investor demi mengurangi pengangguran, namun tidak selalu memihak para pengusaha, karena tenaga kerja ktia dilindungi dengan adanya UU, cmn sygnya UU kenetagakerjaan kita skrg blm sempurna.

  11. stephanus mengatakan:

    kalau mau gaji tinggi jadi anggota DPR aja atau PNS jangan jadi buruh, jadilah pengusaha kenapa mau jadi buruh? kalau jadi pengusaha atau DPR pasti nggak UMK, jadi nggak perlu demo,

  12. spsitopjaya mengatakan:

    HIDUP BURUH…KALIAN PNS YG BAYAR KAMI JDI JGN SOK LEBIH BAIK DR KAMI

    • widhi mengatakan:

      emang PNS gak bayar Pajak kang…dasar bangor, kalau mo ngomongin siapa yang butuh siapa kayak ngomongin telur sama ayam duluan mana…nyok mari kerja sesuai proporsi masing masing jangan saling cela, buruh juga banyak yang korupsi waktu…pura pura ka wc padahal ngarokok, beli isdok karena males, tapi itu semua oknum sama kayak oknum PNS….

  13. buruh yg teraniaya mengatakan:

    barang siapa yang menghina buruh berarti menghina saya juga..
    saya ingatkan dodo… km jangan sok pinter sok berpendidikan sok kaya dan jangan sekali” km bawa ayat alqur’an ..!!
    karena ini beda permasalahannya…
    keringat itu harus di bayar dengan uang…. bukan sama km..
    mentang” km udah serba kecukupan.. apa km tidak mikir …!! cari pekerjaan sekarang susah.. mau bikin usaha harus ada modal..
    emang nya km mau ngasih modal ama saya ..?? nggak kan…
    saya sebagai buruh sangat amat merasa terhina km bilang begitu…
    sungguh km kejam..
    inget ya.. setiap kali km menghina masyarakat buruh.. berarti km juga sama dengan hal nya menghina orangtua mu sendiri..!! knp..??
    tanya aja ma orang tua km..!!! dulu dia pernah jadi buruh bukan..?? coba tanya..!! jangan asal ngomong aja km..??? km ma kita” (buruh) mengingatkan kmi untuk sholat.. jangan sok mentang” km ngajarin kita
    asal km tau aja yahh kami sudah tau agama… jd jangan km sok ngajar”in kita karena ini beda permasalahannya .. coba aja km pikir yg gajih kita kan orang luar negeri dia menanam saham di negara kita emank km mau harga diri km di injak” ama mereka… di jadikan budak teruss.. mikirrr
    asal km tau aja yahh km kalau ngomong pikir” dulu jangan pake dengkul tp pake otakkkk.. you know.. HIDUPP BURUH SUKABUMI

  14. kang uju mengatakan:

    Ah nu puguh mah buruh teh ukur diadu jangkrik-keun ku bangsa sorangan.

  15. herman mengatakan:

    wahai buruh… anda jadi buruh karena keinginan anda,,,
    anda kerja disana juga bukan atas permintaan perusahaan kan??

    sebelum anda tandatangan kontrak… anda pasti tau kan.. kalo anda akan dibayar berapa… per bulannya ???

    apa anda dipaksa untuk ttd kontrak ??? rasanya tidak dehh

    jadi… kalo memang jadi buruh upah nya ga cukup….
    ya kenapa dulu ditandatangan kontraknya

    anda yang tau secara pasti kebutuhan ada berapa per bulan… cari lah pekerjaan yang bisa membayar anda sesuai dengan kebutuhan anda… jadi anda ga akan pusing…. sampe harus demo segala…………

    • kang uju mengatakan:

      buruh indonesia mah moal maju2,naon sababna?
      Lantaran euweuh persatuan dan kesatuan dalam bertindak beda jeung para pengusahing kompak sauyunan pikeun ngajencet hak2 bangsa buruh nu masih keneh bisa dibobodo ku teori2 nu ngagebruskeun.
      Sabenerna mah sarua ari prinsip mah nyaeta mencari kesejahtraan ngan beda cara jeung tindakan wungkul ceuk kuring mah.
      Kesimpulan kuring selama kita masih bisa dipecah belah jangan harap nasib dapat berubah.Lihatlah cara orang lain di luar nagri dalam memperjuangkan perubahanan mereka sampe bisa menguasai negara karena partai buruhnya serius memperjuangkan nasib simpatisan mereka.

    • jasa kalibrasi mengatakan:

      wah sepertinya kurang tepat klo solusinya begitu mas herman.
      itu pendapat saya lho ya..
      maaf klo salah.

  16. gan petoy mengatakan:

    sy seorang mantan buruh yg tertindas., jadi siapapun orngnya apapun jabatan dan pangkatnya klau brani menghina atau meremehkan buruh., geulut jeung aing.,

  17. Dullur_Pagawe mengatakan:

    Bener jangan merasa sudah kaya dan mampu jadi tolol otakna. Ada Pengusaha so pasti aya pagawe atau buruh…sama perluna… kawas duit aya dua sisi anu sama-sama punya nilai. Bisa Kaya pun karna karya buruh/pegawai juga. Makana tong sok nindas ka Buruh atawa pagawe teh….dasar otakna di dengkul….

  18. wong mengatakan:

    mari kita bersatu jangan saling cela jangan saling ribut dan jangan mau di adu dombakan. ok. ok.

    • kang uju mengatakan:

      sip lah,dukung terus perbaikan nasib buruh dan keluarga.Ingat anak kita perlu sekolah untuk jadi buruh pabrik minimal sma/smk sedang biaya pendidikan untuk modal menjadi kuli pabrik tidak terjangkau dengan umk thn manapun .Renungkanlah kebutuhan bukan hanya perut semata.
      Untuk para buruh yang so layalis anda adalah kaum munafik yang mengingkari kenyataan pahit yang kamu telan tiap hari.

  19. rezckyram mengatakan:

    Mas admin, punya softcopynya SK Gub Jabar yang telah direvisi ga (Surat Keputusan Gubernur No. 561/Kep.1558-Bangsos/2011), saya sudah cari/search di berbagai database belum ada yang publish mas.
    bisa si kirim ke rezcky.ramadhan@yahoo.com mas, atau kasih aja linknya kalo ada.

    trimakasih mas.

    • rissmot mengatakan:

      cekidot gan

      • stephanus mengatakan:

        Kenapa ambil jalan demo buruh,cibitung serang buruh demo.Coba dipikir kalau investasi asing pergi dari negeri ini kemana mau makan kaum buruh, tidak ada yang mau investasi lagi karena rugi buruh sering demo, kemana lagi kaum buruh cari makan, berserikat yang bijak dan arif, karena bangsa ini punya martabat

  20. modol soto indonesia mengatakan:

    buruh ga akan bsa makmur slama mash ada koruptor,, smua komen di atas gda yg slh, pengusaha ga lepas dri buruh, sya jga bruh tp bdany sy ga demo cma diem drmh sambl brdoa smoga apa yg sya cita2kan tercapai… jd hdp buruh n majukan perusahaan agar kta dpat upah yg sesuai…

  21. rissmot mengatakan:

    ini yang diperjuangkan kali ini masalah UMK,
    UMK itu berlaku untuk siapa? buruh yang mana?
    gimana nasib buruh outsourcing?
    SK gubernur kali ini pada akhirnya hanya akan menindas ketidakberdayaan.
    coba bayangkan, ngetek di ketek siapa buruh outsourcing?

  22. Ecot mengatakan:

    Teu modar2 acan si dodo,begegong sia anying,yeuh saha nu hayang jd buruh,sha nu hyang jd kuli..pikir pake otak moyet,sia ngenah lba duit bsa ngomng ceplas-ceplos. Da ari jlma teu gableg rex gwe kmha deui slain jd buruh..
    Munafik sia jinx..

    “HIDUP BURUH”
    kringet ainx getih ainx..

  23. agil (@agil_punyawhy) mengatakan:

    sya kerja di kota bandung, kewajiban saya : jaga kantor 24jam,OB,staf ADM,fileing perusahaan,Staf perusahaan,memegang pembayaran PPOB,mengurus laporan pajak,dll deh pokonya sya sdah bantu2 di perusahaan, Gaji saya sekarang 650rb/bln dan saya kerja udh 2 tahun, tp ijazah sya hanya SMP, Apakah saya layak mendapatkan gaji UMK Kota bandung?
    Mhon jawabannya,,

    Salam Buruh Bandung
    Nuhun…

  24. perantau cimahi mengatakan:

    kang abdi ti cimahi, memang gawe di pabrik sekitar bandung jeung cimahi gajina laleutik tp biaya hidupna ageng…gara2 eta abdi neangan gawe di jawa timur jeung ayeuna jadi pagawe pabrik..ternyata gaji diditu leuwih gede jeung biaya hidup leuwih murah..bisa jadi pertimbangan kang..kudu daek jd perantau., lamun tetep gawe di bandung moal meunang gaji sakitu..prshana paredit…

  25. tatang mengatakan:

    ulah nyupayakeun euuy kana tnaga batur teh ayeuna pangusaha ,bisa moal ngagawean sapabrik ku sorangan, resiko jadi pangusaha mah ngagaji batur jeung kudu saimbang antara hak & KAWAjiban ulah mikiran untung jeung untung we……….

    • kang uju mengatakan:

      saatnya buruh bertindak sudah cukup semua untuk mengakhiri penindasan kaum liberalis dan kapitalis,bersatulah serikat pekerja indonesia jangan mau dijadikan boneka pengusaha bergabunglah dalam konfederasi seluruh indonesia dengan satu komando ..!hancurkan feodalisme dan kapitalisme!

  26. tatang mengatakan:

    lamun eweuh buruh pengusaha moal bisa nyatu……ngelay paling geu jeung ngabaung

  27. Ade aam asmawi mengatakan:

    Umk smuanya masih kurang layak

    • abner mengatakan:

      tapi mas Ade, sebenernya ukurannya layak itu apa mas ?? KHL juga di beberapa daerah saya rasa sudah ada yang 100% tapi apakah terpuaskan ???

      kita seimbangkanlah kemampuan perusahaan dengan kesejahteraan Buruh… kalau pemerintah bilang ya kita harus ciptakan iklim investasi yang sehat… Win – Win gitu loh mas..

      Peace ya mas, cuma berpendapat saja

      • ramabux mengatakan:

        jangaN percaya investor asing ciptakan sistem mandiri,kita pasti bisa investor asing harus bayar tinggi upah pekerja,kalo gak becus mending tanam jagung aja di benua afrika.

  28. martono mengatakan:

    Boleh menuntut upah layak, namun kinerja anda juga HARUS DIBENAI. Banyak buruh yang kerjanya asal asalan tanpa berfikir kondisi perusahaan, kerja malas. Silakan kerja yang bagus dulu baru menuntut hak anda!!!!!

  29. Elang Sarwajala mengatakan:

    Saya juga buruh. Saya juga Pegawai BUMN terbesar di Indonesia, saya dukung temen temen buruh. Lanjutkan perjuankan teman teman.

  30. Kang Haji Andi mengatakan:

    Istighfar Ah,jangan jadi bertengkar disini.Bagi keluarganya Buruh itu adalah Seorang Pahlawan,dgn upah yg rendah tp mereka tlh berjuang menghidupi keluarga.Cukup ato tidak,mereka telah menjalankan kewajiban mereka sbg umat manusia.Ingat,Alloh tidak mewajibkan Hasil tp mengharuskan Berusaha.Buat Mas Doso jg Stephanus,cobalah merenung,bila anda ada diposisi mereka.pst anda akan berpikiran sama dg mereka.Buat para buruh sy hny mengingatkan,WASTAINU BISHOBRI WASHOLATI,INNALLOHA MAASSHOBIRIN. . . Mintalah pertolongan kpd Alloh dg Sabar dan Solat,sesunguhnya Alloh menyayangi orang2 yg Sabar.Semoga Alloh memuliakan kita yg sedang berjihad di Jl Aloh.amin.

  31. neng geulis mengatakan:

    hidup adalah perjuangan,entah apapun itu pekerjaannya.salut untuk para lelaki yg mau mencari nafkah dgn halal utk keluarganya.sebuah tanda kalian adalah lelaki bertanggung jawab.peace aaahhhhh ;)

  32. edi pramono mengatakan:

    saya petugas kebersihan cs rumah sakit yang di outsorsing tiap bulan saya gajian 600 ya masih di bawah umk kbt wonosobo apa pkerja outsorsing gajianya harus sesuai umk kabupaten

  33. suluhhh mengatakan:

    adanya sistem outsourting dikarenakan atas dasar uud yg menyiksa para buruh…lalu kedepan apakah buruh akan memeilih wakil rakyat yg notabene menciptakan undang2 seperti itu

  34. ankim mengatakan:

    Ane sering liat d TV tentang Demo” buruh dan Buruh yang Mogok kerja, ANe sih prihatin ama yang di alami sama buruh…ane gg nyalahin buruh..
    hanya ane Pikir Buruh tuh Egois, mereka hanya mikirin perut golongan mereka sendiri..Buruh pikir Mereka Yang paling menderita di Pabrik yang paling di tindas.., Sorry boy, masih banyak yang menderita.. banyak yang susah nasib mereka juga sama punya anak dan istri, contohnya Analis kimia… emang gajinya berapa cuman 1,3-1,5 Gag jauh beda sama kaum buruh perbedaannnya Gag jauh sampe berjuta” padahal anak analis kimia minimal DIiploma III Universitas/akademi…sama seperti pekerja di Perminyakaan pekerja disana cuman digaji 2 jt..pdhal harus kerja Banting tulang/abis”an dan Di hutan balik 4 bulan sekali, Jadi jangan Pikir Buruh yang paling Di tindas, Sama Boy..pekerja Lain juga Sama Mereka Juga dapet penghasilan kecil.. Tapi mereka Gag Protes, Ya Karena Nyadar Gw Yang tanda tangan Kontark sama perusahaan, Perusahaan gag pernah maksa kerja kan ?? justru kita yang minta kerja…, lah terus kenapa kita yang memusuhi perusahaan ?? bener gg ?… Semisal Mogok Kerja banyak yg akan Rugi.., termasuk Investor Asing yang malas namemin modalnya , karena Buruhnya Rese terlalu banyak Permintaan, Masih ada Malaysia, Thailand, Philipina…,

    dan Soal Outsourcing, emang kejam banget, ane gag tau komentar apaan…
    tapi terima ajalahh.. mau gmana lagi ? kita cuman rakyat biasa
    Banyak Lulusan Sarjana Yang malah Nganggur gag kerja…,mending kita yang di kasih kerja, walaupun upah Nyekek :D

    • Buruh FSPMI Cikarang mengatakan:

      Liat fakta ya,
      ane seorang Buruh, ane ikut serikat yg namanya FSPMI.
      salah satu programnya adalah HOSTUM = Hapus Outshourching Tolak Upah Murah.
      Hasil sudah Terbukti -/+ 60 perusahaan terbebas dari OUTSOURCHING. dan Banyak Outsourching yang sudah GULUNG TIKAR.
      kami juga menuntut knaikan Gaji Guru Honorer yg jauh di bawah UMK.
      Nah Egoisnya dimana bung????? Melek dong…..
      Biar ente tau lbih Banyak jangan Cuma nonton TV atau baca koran doank…. keluar donk dari kandang…..
      Maen-maen ke Cikarang-Bekasi biar tau apa aja yg di lakukan oleh Buruh disini.
      oiy, info aja, di Jerman juga ada system Outsourching, tapi Gajinya 5 X lipat dari Buruh biasa. kenapa di Indonesia terbalik?? salahkah kalau kami bertindak??

  35. hahihuheho mengatakan:

    bersyukur aja dahh… :D

  36. Buruh FSPMI Cikarang mengatakan:

    Liat fakta ya,
    ane seorang Buruh, ane ikut serikat yg namanya FSPMI.
    salah satu programnya adalah HOSTUM = Hapus Outshourching Tolak Upah Murah.
    Hasil sudah Terbukti -/+ 60 perusahaan terbebas dari OUTSOURCHING. dan Banyak Outsourching yang sudah GULUNG TIKAR.
    kami juga menuntut knaikan Gaji Guru Honorer yg jauh di bawah UMK.
    Nah Egoisnya dimana bung????? Melek dong…..
    Biar ente tau lbih Banyak jangan Cuma nonton TV atau baca koran doank…. keluar donk dari kandang…..
    Maen-maen ke Cikarang-Bekasi biar tau apa aja yg di lakukan oleh Buruh disini.
    oiy, info aja, di Jerman juga ada system Outsourching, tapi Gajinya 5 X lipat dari Buruh biasa. kenapa di Indonesia terbalik?? salahkah kalau kami bertindak??

  37. Bady sain mengatakan:

    Assalamualaikum
    Saya adalah pegawai di suatu perusahaan swasta di bandung mau menanyakan klo UMK wilayah to bersih apa kotor artian Misal Umk Bandung rp 1.271.625,- di potong lagi Biaya Tunjangan kesehatan ( Kotor) ??
    apa 1.271.625,- bersih ?? tanpa Tunjangan apa pun ??
    Mohon penjelasan’y
    terimakasih

    • wong eedhan mengatakan:

      itu gaji pokok om, tanpa terhitung tunjangan klo memang ada berarti memang tambahan, klo ga ada yah brarti kotor, potong jamsostek,pensiun dan kesehatan

  38. Kopral gendut mengatakan:

    1- UMK hanya berlaku untuk masakerja dibawah 5tahun dan di anggap status karyawan bujangan .
    2- Klo karyawan sudah keluarga bru masuk kerja yaa resiko…..
    3- Setelah 5 tahun kerja gaji masih UMK perlu dipertanyakan
    – Bisa kerjakah saya ?????????????
    – Layakah pengusaha ini di ikuti ?????
    4- Prinsip pengusaha ” ente keluar 1000 mendaftar ”
    5- Klo mau adil sebelum kerja baca kontrakya dulu , klo cocok ambil klo ga tinggalin perusahaan .
    6- Klo sudah jadi karyawan antara bawahan dan managemen jadi atu bahasa cari kehidupan bersama .
    7- Jika terjadi perselisihan selesaikan intern serikat pekerja .
    8- Ingat untuk ini ” Karyawan solid pengusaha takut ”

  39. indra mengatakan:

    Saya juga sama buruh.
    Tapi saya tidak akan menuntut apa2 dari perusahaan,, saya sadar diri, udh d gaji saja udh cukup.
    Coba kalian renungkan?
    Mslkan sbuah perusahaan mengabulkan permintaan kalian dengan umk misalnya 5 juta. Tapi perusahaan, meminta kualitas produksi harus 100% sempurna sampai ke tangan customer, tidak boleh ada reject, atau yang bs selama proses produksi? Jika tidak bisa silahkan keluar??
    Apakah kalian bisa bekerja dengan seperti itu?
    Saya rasa tidak ada yg bisa, sekalipun itu perusahaan yg bisa di bilang bagus, tetap saja yang namanya bs pasti ada.
    Nah bs siapa yang nanggung, perusahaan itu sendiri, sementara kalian meminta umk segitu?? Silahkan renungkan.
    Ato contoh lain, umk naik, mslkn 3 juta, tapi biaya hidup anda psti akan naik, n akhirnya kalian minta naik lagi…
    Aturlah keuangan anda secermat mungkin, berapapun yg anda dapat jika bisa di atur, pasti akan sejahtera, saya rasa buruh2 sekarang sudah sejahtera, buktinya ja, hampir semua buruh punya motor, dan motor2nya keluaran terbaru, itu bisa di katakan sejahtera ko.
    Masa beli motor bisa beli makan sehari2 tidak bisa…
    Maaf kalau ada yg tersinggung…

    • SARJI mengatakan:

      coba klo km gaji di bawah UMR sengsara ga…,sedangkan istri g ada penghasilan, anak 2 sekolah semua apa km mau. RENUNGKAN ITU…,!!!!!!!!!!!!!

    • wong eedhan mengatakan:

      udah lah setuju aja kan klo gaji naek ente juga seneng ada duit lebih buat keluarga, jgn lupa juga buruh klo gaji naek output harus lebih baik dari sebelumnya

  40. hendra mengatakan:

    salm buruh.. tolong dong d surpey k pt.is indonesia utama
    jlr. citapen rt.10/04 sukajaya sukatani/purwakarta

    standar upah penggajian karyawan, jauh dari peraturan pemerintah,
    bahkan 70% karyawan penghitungan gaji 4000/jam..

    terima kasih bpk’

    • wong eedhan mengatakan:

      udah tau rendah mau kerja juga di situ, laporin pak ke disnaker tuh perusahaan. ntar klo perusahaan itu ditutup biar pada nyangkul lagi di sawah

  41. Gusdhur mengatakan:

    kalo gak suka keluar kerja aja, balik nyangkul di kampung.. gitu aja koq repot.

  42. sami abi ge buruh mengatakan:

    anu puguh mah buruh teh jiga sireum, meus meus katincak, meus meus katincak, HIDUP BURUH

  43. TOMIRO mengatakan:

    CAPEEE Dweeeeehhhhhh

  44. Hesti mengatakan:

    aduuh?berarti saya terlalu besar ya menggaji buruh saya sampai Rp. 3.250.000,-/bulan *yg paling kecil cuma Rp. 1.800.000,-/bulan?

  45. Hesti mengatakan:

    o ya kalau mau gaji gede/duit banyak jangan mau jadi buruh ….jadi dokter/arsitek/direktur BI/koruptor atau yg gampang jadi artist aja… intinya tetaplah bersyukur&berusaha…

  46. Rohman mengatakan:

    perusahaan jangan cuma pengen untung aja,,,klo emang disana ada aturan yg mengikat tolong dong jalankan,,,yaaa paling tidak gaji umr(sesuai aturan pemerintah) lembur jga,Jamsostek Paket A & Paket B, dan THR,,,itu aja dlu kewajibannya,,,,syukur2yg non normatifnya di jalankan,,,ignat pengusaha ente klo ga ada buruh jga ga bakal kaya,,,,,jgn di peras rakyat ini

  47. Hilman Fauziansyah mengatakan:

    tapi alus bray demo rada sangar ge da mun demo tanpa anarkis,, moal didenge ku pejabat anjing

  48. bambang suhendar mengatakan:

    Rame euy . ayo lah . sok kami mah nonton we . da nungguan tina hasil gawe mah eweh sesaan. mending jeng dagang we, aya lewih na ning saetik dua etik . lumayan jang mere jajan budak dahar di solaria.

  49. pendi mengatakan:

    kalau ump kabupaten bandung tahun 2014 sekarang ini berapa?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: